March 16, 2012

Logo Baru Kementerian Perdagangan


Bertepatan dengan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tahun 2012 tanggal 7-9 Maret 2012 di Hotel Borobudur Jakarta, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan meluncurkan logo serta seragam baru Kementerian Perdagangan. Unsur simbol logo dalam bentuk kotak adalah penggambaran makna kinerja Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang bisa diandalkan (dependable), sebagai pemrakarsa dan penjaga stabilitas (direction dan stabilizing) yang pragmatis, memiliki integritas yang tinggi dan terus menyokong kepentingan masyarakat (national community).

Mendag berharap kepada seluruh pejabat Kemendag, baik di pusat serta perwakilan dari daerah dan luar negeri, untuk saling bersinergi dan berkoordinasi.

"Ini saat yang tepat untuk bersinergi dan berkoordinasi dalam mencapai visi dan misi Kemendag," kata Mendag.
Dasar ilham desain logo mencerminkan aspirasi kinerja perdagangan yang jelas, fokus, dan mudah dimengerti melalui penggambaran simbol yang simpel dan dapat dimengerti oleh pemangku kepentingan di dalam maupun di luar negeri.

Desain logo baru Kemendag diciptakan untuk memberikan gambaran kinerja Kementerian dengan arah yang jelas dan yang mudah dimengerti, baik di dalam maupun di luar negeri.

Logo tersebut memiliki dua komponen yaitu 'simbol logo' berupa kotak berwarna biru tua dan 'logotype' berupa jenis huruf berwarna putih dan biru tua dalam dua bahasa; Indonesia dan Inggris. Logo akan diaplikasikan pada segala sesuatu benda milik maupun tanda milik Kemendag yang digunakan untuk kepentingan internal (seperti antara lain: peralatan kerja, label, arsip, dokumentasi, inventaris, seragam, dan pin pegawai) maupun untuk kepentingan eksternal (seperti antara lain: stempel, kop surat, kartu nama, amplop, medium pengumuman, kendaraan, papan nama, spanduk, dan bahan-bahan komunikasi massa).

Kinerja Kemendag yang digambarkan melalui logo ini dihayati sebagai strategi yang proaktif tetapi juga adaptif terhadap tantangan dan potensi dalam membentuk dan menjaga kelancaran pertukaran barang dan jasa di dalam dan di luar negeri, dalam meningkatkan investasi yang dapat mendukung produk dalam negeri untuk lebih kompetitif, dan dalam kerjasama perdagangan internasional yang saling memberikan faedah, terutama dalam meningkatkan kemampuan Indonesia untuk merangkak di mata rantai nilai.

Sumber : Berbagai Sumber Internal (Kepmendag, Website, dan Siaran Pers Kemendag)

4 comments:

  1. Pegawai yang baik dalam mempromosikan Logo

    ReplyDelete
  2. nice share, mana link vectornya ?!

    ReplyDelete
  3. itu knapa sih tulisan Kementrian perdagangan terlalu mepet dengan border?

    ReplyDelete
  4. gonta ganti logo mulu. dasar gak mutu. yang perlu dibenerin itu kinerjanya bukan logonya. lindungi industri dalam negeri bukan malah pro barang cina.

    ReplyDelete