August 22, 2011

Tabungan Berencana yang tidak direncanakan

Selasa siang, tepatnya tanggal dua di bulan agustus dan bertepatan tanggal dua di bulan ramadhan dengan bermodalkan uang satu juta di tangan saya mencoba membuka tabungan di salah satu bank syariah di bilangan ciputat, tangerang selatan. Sebenarnya sih niat awal saya membuka tabungan ini hanyalah sebagai tabungan amal dalam menghimpun infak dan sedekah saya setiap bulan dan setiap dapat uang tambahan. Niatnya sih kalau sudah terkumpul sampai idul adha tahun ini, saya mau belajar berkurban dengan hasil pendapatan gaji saya sendiri. Karena pendapatan gaji saya, tidak jauh berbeda dengan para PNS golongan 2C, maka saya hanya sanggup untuk berkurban seekor kambing saja.


Namun, niat awal sebagai tabungan amal saja menjadi berubah setelah customer service bank syariah tersebut menawarkan tabungan berencana kepada saya. Dimana, tabungan berencana itu didebet setiap bulan dari tabungan utama syariah yang saya miliki. Sehingga saya diberikan oleh bank syariah tersebut 2 buah buku tabungan, yakni tabungan utama syariah dan tabungan berencana syariah.

Awalnya saya kurang begitu mengetahui dan paham tentang tabungan berencana yang customer service bank syariah tersebut presentasikan. Namun, saya mulai tertarik ketika customer service tersebut menjelaskan keunggulan dari tabungan berencana tersebut yang dilengkapi dengan fasilitas asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bagi saya yang merupakan seorang PNS sangatlah berarti, karena asuransi kesehatan yang diberikan negara melalui PT Askes Tbk, belumlah cukup untuk memberikan kenyamanan dalam penjaminan terhadap kesehatan saya dan keluarga saya.

Tabungan berencana yang saya miliki ini memiliki masa tempo dan masa jaminan selama 2 tahun, sebenarnya sih saya ingin sampai 10 tahun, namun karena saya masih kurang percaya dan yakin dengan produk yang ditawarkan ini, maka dalam 2 tahun ini saya sekedar mencobanya dahulu. Setidaknya tabungan berencana tersebut sebagai tabungan paksaan agar saya setiap bulannya mampu menyisihkan uang untuk menabung agar tidak boros dan berguna untuk dana tambahan atau cadangan saya dalam beribadah umrah atau haji maupun dana pendidikan.

3 comments:

  1. BSM ciputat ya? hehee aku bikin tabungan di situ tp ga pernah diisi lg karna males ke banknya :))

    ReplyDelete
  2. This is an beautiful post. This can be more useful for us. Everythin is fantastic in this post so keep continue to these type of post.

    ReplyDelete
  3. kita juga punya nih jurnal mengenai tabungan, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4644/1/slide%20sidang%20(eko%20mardiyanto-46209452).pdf

    ReplyDelete