January 5, 2010

Komitmen Pribadi di Tahun Baru

Sebelumnya atas nama pemilik blog ini, saya Subhan Apriyatna ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah dan Masehi. Semoga di tahun yang baru ini Kita semua diberikan segala kenikmatan berupa kesehatan, kesuksesan, dan keimanan.

Tidak terasa Kita semua telah melewati satu tahun penuh di tahun hijriyah dan masehi, sehingga saat ini Kita telah berjumpa lagi dengan tahun yang baru yaitu Tahun 1431 Hijriyah dan 2010 Masehi. Cobalah Kita renungkan kembali perbuatan kebaikan dan keburukan yang telah Kita lakukan.

Apakah lebih banyak keburukan ataupun kebaikan? Mungkin itu hanya masing-masing Individu dan Allah SWT saja yang mengetahui perbuatan yang telah kita lakukan di satu tahun penuh ke belakang.
Semoga saja di tahun ke belakang, Kita lebih banyak perbuatan kebaikan. Sehingga Catatan Amal dan Perbuatan Kita di nilai baik oleh Yang Maha Kuasa.

Karena kedua tahun baru telah Kita awali, maka saya yakin Anda pasti mempunyai resolusi komitmen di tahun mendatang yang berbeda-beda.

Resolusi komitmen bagi saya merupakan pernyataan dan rencana selama setahun yang akan saya lakukan demi mengejar kesuksesan, kesehatan, dan keimanan.


Komitmen saya di Tahun Baru:

1. Mendapatkan Pekerjaan yang tetap
Kalau di tahun yang lalu, saya sering mendapatkan pekerjaan sampingan dan belum satupun perusahaan melirik saya menjadi pegawai di Perusahaannya, walaupun interview dan tes masuk pekerjaan sudah banyak yang saya ikuti. Mungkin Allah SWT belum memberikan Peluang dan harapan saya untuk bekerja di tahun 2009, karena saya masih harus melanjutkan studi S1 ekstensi saya. Maka Di tahun ini saya akan mencoba lebih bersemangat lagi dalam mengejar karier agar mendapatkan pekerjaan yang tetap di suatu perusahaan, sehingga saya mampu mendapatkan penghasilan sendiri. amien


2. Mendapatkan Wanita (pacar)
Inilah nasib seorang mahasiswa yang telah menjomblo kurang lebih 1 (satu) tahun ini. Setelah saya dikhianati oleh seorang wanita yang saya sayangi, akhirnya status jomblo pun saya kenakan sampai akhir tahun ini.


Kalau saya boleh curhat “ jomblo” itu ternyata enak dan menyakitkan. Segi enaknya, hampir setiap hari aktivitas keseharian saya bersama teman-teman saya tidak ada yang mengganggu.

Jadi, kegiatan saya bersama teman-teman saya menjadi seakan tidak ada seorang pun yang mengatur, kecuali saya sendiri. Maklum saya ini seorang yang lebih mementingkan sebuah keluarga dan persahabatan.

Dari segi menyakitkan, pasti Anda pernahlah jalan ataupun kumpul bersama teman anda, namun teman-teman anda membawa pasangan kekasih. Segi inilah yang membuat saya merasa menyakitkan jika teman-teman saya membawa pasangan pada saat kumpul. Soalnya mereka dapat bersayang-sayangan, sehingga hidup mereka dunia itu merasa milik mereka sendiri.

Anda pasti bertanya “bagaimana gaya pacaran Saya ?“
Dari dulu setiap pacaran Saya tidak mau di atur dalam hal kegiatan pertemanan saya dengan berbagai komunitas yang Saya ikuti. Mungkin karena saya kurang memperhatikan pasangan saya. Maka mereka mencoba perpaling ke lain hati.

Memang sih, dalam suatu hubungan yang bertahan lama pasti memiliki suatu komitmen yang pasti dan jelas pada awal suatu hubungannya. Hal inilah yang selalu saya lupakan dalam menjalin hubungan.

Walaupun di tahun yang lalu, banyak teman saya yang mencoba untuk menjodohkan saya. Tapi anehnya, dari sekian banyak wanita yang di comblang-kan kepada saya selalu tidak ada yang cocok dengan saya.

Semoga saja di tahun mendatang saya mungkin mendapatkan seorang wanita yang klop dengan saya dan bertahan sampai ke jenjang pernikahan. amien

3. Membuat Agenda Harian yang jelas dan terarah
Dengan membuat Agenda Harian di buku diary, maka kegiatan keseharian kita akan berjalan jelas dan terarah.
Jelas : setiap rencana yang kita susun di buku agenda akan menjadi jelas tujuan dan kegiatannya.

Terarah: setiap rencana yang telah kita susun di buku agenda akan menjadi terarah pada saja yang harus diprioritasnya dalam pelaksanaannya.

Buku agenda sekarang ini mejadi penting bagi saya dalam mengatur segala rencana tahun ini. dikarenakan di tahun sebelumnya saya tidak memiliki buku agenda harian dan rencana harian maka saya sering sekali tersandung oleh masalah, karena rencana yang sudah buat selalu tidak bertujuan , terarah dan terfokus. Malahan banyak rencana saya yang selalu gagal karena saya tidak pernah mencacatnya.

4. Mencoba membuat Satu Hari, Satu Artikel
Kalau ditanya sanggup atau tidak membuat satu hari, satu artikel. Jawabannya sanggup namun terkadang malas yang sering melanda membuat ide-ide artikel saya tidak tersalurkan. Namun, di tahun ini saya akan mengusahakan “satu hari, satu artikel”. Ayo subhan, kamu bisa!!

5. Mencoba segala Kompetisi Blog
Kompetisi Blog , sampai sekarang tidak tahu mengapa setiap ada kompetisi blog saya selalu merasa takut. Padahal banyak teman saya yang memberikan masukan dan semangat pada saya. Sebenarnya sih isi blog saya artikelnya banyak yang menarik juga untuk di lombakan. Tapi memang dasar newbie di dunia perbloggeran Indonesia, jadi rasa takut sebelum mencoba selalu mengerayangi hati dan pikiran saya untuk mencoba segala kompetisi blog.


Dikarenakan awal tahun 2010 ini banyak sekali kompetisi blog, maka dari itu saya berkeinginan sekali untuk mencoba berkompetisi dengan para senior saya di dunia perbloggeran Indonesia.


“barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah dia”. Kata-kata mutiara inilah yang menjadi acuan semangat saya dalam mengukir segala prestasi. Semoga saja Kontes SEO dan Kompetisi Penulisan Blog yang saya ikuti ada yang menjadi Juara. amien

6. Membuat Aktivitas yang baru
Maksudnya apa?? Di tahun 2010 ini saya ingin sekali membuat aktivitas yang tidak biasanya saya lakukan di tahun sebelumnya. Misalnya agenda saya setiap hari sabtu dan minggu yaitu berolahraga sepeda ataupun berenang. Kegiatan ini sudah saya mulai ketika di awal tahun baru islam 1431 Hijriyah.


7. Mencoba Lebih Mendekatkan diri kepada Allah SWT
Mungkin karena tahun-tahun sebelumnya saya kurang mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka mulai tahun ini planning saya adalah mengusahakan sholat dhuha minimal 2 rakaat. Karena menurut ustad yang saya dengar, kalau setiap hari kita sholat dhuha akan diberikan rezeki dan hidup kita akan terasa nyaman.

8. Mencoba membuat Satu Hari, Satu Halaman Al-Quran
Sebenarnya saya suka malu sama teman saya yang menganut agama selain Islam, karena mereka dapat mengusahakan membaca alkitabnya masing-masing dalam kesehariannya. Sedangkan saya selalu sibuk akan dunia. Malu sih, tapi gimana dong memang gak sempat juga sih.


9. Mendapatkan Ijasah S1 Ekstensi (wisuda semester genap 2010)
Di tahun 2010 ini harapan anak stekpi ekstensi 2008 untuk wisuda bersama pas akhir tahun bakalan terwujud kalau dari diri saya dan teman-teman saya selalu kuliah yang rajin dan mendengarkan dosen yang ngajar. Tapi kalau saya di suruh flash back tentang mata kuliah yang telah dipelajari pasti banyak yang tidak masuk ke pikiran saya. bagaiimana tidak masuk ke otak, saya itu belajar hanya setiap mau ujian saja. Ya, kalau bahasa mahasiswanya belajar SKS (sistem kebut semalam). Itu juga kalau ada yang masuk, palingan mentok-mentoknya saya mebuat kebetan lagi untuk menghafal bacaan atau rumus yang keblengger (susah, red).


Kayanya resolusi komitmen saya di tahun yang baru ini, saya sudahi dulu deh. Soalnya kalau ke banyak juga takut tidak fokus menjalaninya. Maklum mahasiswa yang masih selalu ingin hidup semaunya saja. Saya sih, berharap teman-teman saya yang baca blog ini juga mendoakan resolusi komitmen saya ini agar dapat berjalan dengan baik. amien

3 comments:

  1. hmm... mw komen yah.
    maap sebelumnya, sy menemukan komitmen yg mungkin agak berbenturan disini.
    Yg resolusi no. 7. Siip dah, ingin mendekatkan diri pada-Nya. Semoga Istiqamah. Tapi sepertinya akan terhambat jika dipertemukan dengan komitmen no.2. Tau kan kenapa? Subhan pastinya dah cukup dewasa untuk mengerti hal ini. Kalo memang niatnya cari pacar, jelas itu akan menghambat kedekatan kita pada-Nya. Bagaimanapun pacar itu bukan muhrim. Saran sayah, niatkan untuk cari istri. Kalo memang dari segi apapun belum siap untuk menjalin komitmen yg lebih erat, dlm hal ini menikah, ya jangan dekat2 dengan wanita manapun. Dia Maha Cemburu, akan sulit bagi kita untuk mendekati Dia jika menemukan hamba-Nya pun mencintai yg lain selain Dia. Trus, mw nanya, apa urutan komitmen ini menandakan prioritas? kalo iya,ngng.. mungkin lebih baik kalau komitmen no.7 itu diangkat2 sedikit, jangan di posisi 7, hehe..

    Maap, bukan mw sok pintar ato sok ngajarin yg punya blog ini. Cuman berusaha saling mengingatkan dalam kebaikan. Maap skali lagi kalo tidak berkenan :)

    ReplyDelete
  2. makasih komentar dan sarannnya....akan saya pikirkan lagi perubahan tersebut...

    ReplyDelete
  3. Salam perkenalan dari seorang Blogger Borneo, sedikit mengomentari mengenai target perubahan Mas Subhan di 2010 gimana di bulan Februari ini? Apakah sudah ada yg tercapai? Semoga apa yg Mas Subhan targetkan di 2010 ini bisa terwujud semuanya ya. Amin...

    ReplyDelete