December 10, 2009

Pemasaran Jasa Menurut Aspek Konsep

Rumah Makan Sambal Cibiuk



Cibiuk merupakan sebuah wilayah di daerah Garut, Jawa Barat. Selain terkenal dengan keindahan alam dan potensi pertanian yang luar biasa, Cibiuk juga terkenal akan menu masakannya, terutama sambalnya yang nikmat. Hingga lahirlah konsep rumah makan yang menghidangkan sambal khas Cibiuk serta menu-menu masakan Sunda lainnya.


Sambal cibiuk bukan sembarang sambal. Konon katanya sambal cibiuk merupakan sambal yang diciptakan oleh pemuka agama di Garut, Eyang Siti Fatimah yang merupakan keturunan dari Eyang Syeh Djafar Siddik, seorang pemuka agama di Garut. Setelah Siti Fatimah menciptakan sambal tersebut, secara perlahan-lahan masyarakat sekitarnya menirunya, hingga hampir seluruh penduduk di Cibiuk mahir membuatnya.

Color :

Warna yang dimunculkan oleh pemiliknya adalah warna yang mencirikan tentang back to nature, seperti warna coklat, bambu, dan warna air yang menghiasi di beberapa sudut. hal ini terlihat dari tata tempat dan hiasan yang di sajikan berupa anyaman bambu, kolam ikan, dan air terjun mini. sehingga terlihat seperti miniatur pedesaan.

Music :

Suasana santai nan tenang pun disajikan di Rumah Makan Khas Sunda ini dengan alunan musik Sunda yang teduh, menjadi teman kita saat bersantap dan seolah-olah kita sedang berada di persawahan pedesaan. sehingga konsumen rumah makan ini merasa menikmati suasana di suatu pedesaan terpencil di daerah Bumi Pasundan.

Scent :

Dikarenakan rumah makan ini menyajikan masakan khas sunda, maka kita akan disambut aroma sambal yang tepat tersajikan di depan pintu masuk resto masakan khas sunda ini.

Aroma sambal yang menggugah selera itu memang sengaja dipajang di sana untuk memancing selera. selain itu aroma wewangian bunga dan kesejukan juga diberikan kepada konsumennya, agar konsumen merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di rumah makan khas sunda ini.

Layout :

Setelah kita menerima senyum ramah dari para pelayan yang umumnya berusia muda ini, maka kita akan dipersilakan untuk mengambil tempat dimana kita suka. Bila di ruang terdepan lebih bernuansa kantoran, maka bila masuk lebih dalam akan kita jumpai suasana natural yang eksotik. Memang desain interior adalah seolah-olah kita melayang ke daerah pesawahan di pedesaan yang masih asri, bedanya kita seolah berada dalam miniatur pesawahan (lesehan).



Kebudayaan Sunda memang tidak lepas dari yang namanya bambu. Itulah pemandangan pertama yang kita dapatkan saat memasuki rumah makan yang satu ini. Saung atau gazebo bisa menjadi tempat pilihan yang pas untuk anda menikmati menu-menu yang disediakan bersama keluarga, rekan, ataupun pasangan Anda. Sekeliling saung yang terbuka, terbentang pemandangan persawahan di kaki gunung dalam bentuk foto di sepanjang dinding saung. Kolam dengan ikan-ikan hias kecil berpadu dengan air terjun buatan di halaman saung mampu menghadirkan suasana syahdu tepian sawah di Rumah Makan Sambal Cibiuk.



Simbol :

Simbol yang digunakan oleh rumah makan ini adalah sebuah saung dan piring yang berisi sambal cibiuk. Hal ini terbukti pada logo dan aroma yang diciptakan di resto ini. Sehingga konsumen akan teringat selalu dengan namanya sambal cibiuk yang menjadi brand utama resto ini.



Rumah Makan Padang Sederhana


Rumah Makan Sederhana adalah Rumah Makan Padang yang berkonsep modern dan memiliki puluhan cabang yang tersebar di Jabotabek dan seluruh Indonesia, di bawah pimpinan H.Bustaman. menu paling Favorit di rumah makan ini adalah ayam pop.

Color :

warna yang disajikan oleh pemilik usaha ini adalah lebih mendominasi warna biru, merah dan putih. hal ini terlihat dari logo, desain interior dan desain eksterior yang digunakan oleh pemilik rumah makan Padang Sederhana ini. pemilik usaha ini sengaja memberikan warna yang cerah di rumah makannya agar terlihat rumah makan padang yang terlihat modern.

Music :


musik yang biasa digunakan oleh rumah makan ini adalah alunan musik minangkabau, hal ini sengaja di sajikan oleh pemilik rumah makan padang, agar konsumen merasakan suasana di daerah Sumatera Barat.

Scent :


Karena rumah makan Padang ini berkonsep Modern, maka aroma yang di desain adalah aroma AC dengan wewangian sejuk. sehingga konsumen akan betah untuk menikmati suasana makan di rumah makan padang berkonsep modern ini.

Layout :


tata ruang (layout) yang disajikan oleh pemilik usaha Rumah Makan Padang Sederhana ini adalah hampir sama dengan rumah makan Padang lainnya yaitu berkonsep meja dan bangku berjajar memanjang dan di atas meja konsumen di hidangkan berbagai macam hidangan masakan padang, hanya saja desain interior yang diberikan di rumah makan ini kelihatan lebih berkonsep rumah makan padang berkonsep modern. di beberapa cabang rumah makan ini juga menyediakan meeting room yang mampu menampung 40-50 orang.



Simbol :


simbol yang digunakan Rumah Makan Padang Sederhana ini adalah gambar rumah gadang yang berwarna biru dan di dalamnya berlogo SA (singkatan dari Sederhana).

2 comments:

  1. sayang mas, RM Cibiuk harganya agak mencekik.... hehehe...

    soal sambel sih jangan ditanya, aku ma keluarga paling doyan ma sambel ijonya....

    ReplyDelete
  2. memang sambalnya itu pedas sekali....sampai2 saya pernah sakit perut...tapi tetap mantafh rasanya...

    ReplyDelete