December 27, 2009

Kiat Mencontek yang Baik dan Terarah

Dari banyak komentar yang datang ke email dan pesan di Facebook gw, mereka (sahabat komunitas ubanzholic) menginginkan agar gw memberikan artikel tentang tips atau kiat sukses mencontek yang baik dan terarah.
Sebenarnya sih gw males ngasih artikel yang membodohi generasi muda bangsa ini, tetapi karena ini permintaan dari sahabat-sahabat gw. ok deh gw kasih tips dan kiat suksesnya.
Gw ngasih tips dan kiat sukses ini berdasarkan pengalaman pribadi gw selama gw menjadi seorang yang menuntut ilmu / belajar (sekolah dan kuliah).
Gw berharap sih kalian semua, jangan pernah mencontohkan ini kalo tidak kepepet banget yeee.
Nih gw kasih tahapan mencontek yang baik dan terarah


1. Siapkan semua bahan materi (catatan, kopian materi, contoh soal)
Tahapan pertama ini penting, soalnya klo lo gak punya semua bahan materi, percuma aja lo mau mencontek. Yang ada malahan pas ujian lo hanya nengok sana-sini dan pas pengawas dan pengajar ada lo hanya dikatain sama mereka “dasar otak dikit, Cuma mengharapkan teman doank” hehehe…klo gw mah di gituin malu dech…

2. Belajar sedikit materi yang diberikan oleh pengajar
Koq mau mencontek belajar sih? Iyalah, soalnya klo lo gak ada sedikit materi yang nyangkut di otak lo, lo bakalan kecewa klo nanti pertanyaan soalnya melenceng di kebetan (contekan) lo…bener gak? Klo gw saranin mending lo belajar kelompok sama anak yang pintar di kelas lo….so what? Soalnya klo lo belajar sama yang pintar ada kemungkinan materi yang diberikan, lo bisa berkonsultasi dengan dia… klo bisa sih cari temen yang pinter nan cantik dan ganteng….loh koq milih2 sih? Lah iyalah klo cantik dan ganteng bisa kita manfaatkan jadi gebetan kita…. Kapan lagi kita punya cewek/cowok pintar sob….hehehe…
3. Buatlah seefisien mungkin materi contekan yang sekiranya akan muncul
Nah, di tahap ini lo musti dan kudu kerja extra dalam mensiasati membuat contekan pada saat ujian. Cara umumnya kalian bisa menulis di sebuah kertas, di meja ujian, dan dimana saja yang sekiranya aman bagi anda. Klo gw saranin yaa, lo buat se-nyaman mungkin agar contekan lo gak ke-GAP (ketahuan) sama pengawas/pengajar lo… kan kalo ketahuan bisa DANGER…ihhh serem kan….berpengaruh sama penilaian prestasi dan etika dan moral lo….
“Maaf teknik dan alat menconteknya gak gw kasih tahu, soalnya takut para contekers (orang sering contek) ketahuan sama pembaca artikel ini yang menjadi pengawas”. Pokoknya kan lo contekers pasti tahu bagaimana membuat contekan yang baik donk.. Ok? Ok?
4. Lihat situasi, kondisi, dan toleransi
Ketika anda masuk ruang ujian tersebut, lihatlah situasi dan kondisi ruangan apakah aman dan nyaman untuk mencontek. Koq perlu sih, kenapa? Sudah pastilah, jikalau yang jadi pengawas di ruangan ujian lo adalah orang yang sangat killer, rese, usil, dan pokoknya gak layak lah jadi pengawas… lo harus kudu berhati-hati yeee, soalnya mereka lebih pintar dari kita dalam membuat kiat sukses menghadapi orang mencontek…. Intinya di tahap ini lo harus mainkan trik jitu dalam mengelabui pengawas ujian, klo bisa lo sogok dech tuh pengawas…hehehe…
Oia, ada yang lupa tentang toleransi, maksudnya adalah lo harus bekerjasama dengan temen di samping lo dalam masalah menjawab soal… siapa tahu di samping lo lebih khattam dalam materi yang diberikan atau gak lo yang lebih khattam…. Pokoknya lo harus jadi makhluk sosial deh, tapi inget harus jaga situasi dan kondisi yeee….
5. Pemilihan tempat duduk ujian
Jika di meja ujian tidak berdasarkan nomor ujian anda, usahakan anda memilih tempat yang nyaman dan aman untuk mencontek, tetapi klo berdasarkan nomor ujian itu berdasarkan keberuntungan anda aja dech…

6. Siapkan bahan contekan anda
Nah, di tahap ini lo musti kreatif dalam menyimpan contekan di tempat yang aman dan nyaman. Pokoknya gw percaya dech sama kalian semua, kan pada pakar semua dalam hal contek-mencontek…

7. Bacalah doa sebelum ujian berlangsung
Di tahap ini yang paling kurang di sikapi oleh para contekers, mentang-mentang berbuat maksiat jadi lupa sama yang kasih lo ilham untuk mencontek. Klo gw sih saranin, sebelum lo mencontek seandainya beragama Islam, klo sudah masuk waktu sholat mending lo sholat dulu dech minta ketenangan bathin dari maha pemberi ilham, betul gak? Nah pas sebelum ujian berlangsung juga inget yang di atas yeee, berdoalah dahulu lah…
8. Usahakan jangan membuat curiga pengawas
Tahap ini lo harus jangan kasak kusuk, soalnya klo kasak kusuk pengawas bakalan curiga abis sama lo…bisa-bisa tuh pengawas bukannya mengawasi temen-temen lo ujian malahan mengawasi lo doank lagi…. Hati-hati yaaaa…jaga kerahasiaan yaaa…
9. Teliti kembali tentang jawaban soal
Kenapa harus teliti? Soalnya klo lo gak teliti bisa-bisa jawaban lo salah semua n nilainya kurang bagus n percuma aja deh kiat sukses yang gw kasih bakalan gak berguna bagi lo.
10. Siapkan tempat untuk menyembunyikan contekan, jika di curigai oleh pengawas
Nah di tahap ini, bisa di bilang tahap akhir atau tahap klo hampir ke GAP pengawas. Lo musti ada tempat tuk menaruh contekan lo jikalau ke GAP. Pokoknya bebas menyimpan dimana saja asalkan jangan ketahuan dan mencurigakan.
11. Simpan baik contekan kita
Sebelum lembar soal dan lembar jawaban dikumpulkan ke pengawas ujian, disarankan untuk periksa kembali jawaban soal yang telah kita contek dan simpan baik-baik contekan kita.
12. Bacalah doa setelah ujian selesai
Setelah semua tahap selesai, sekarang lo musti berdoa selesai ujian. Soalnya lo sudah di kasih ilham dan di mudahkan dalam mencontek.
Klo bisa sujud syukur yeeee…
Nah, karena semua tahap sudah gw kasih buat kalian, sekarang tinggal kalian praktekkan… tapi ingat klo ketahuan jangan bilang sumbernya yaaaa…. bisa-bisa gw di tuntut telah mengajari dan memprovokatori kalian berbuat maksiat dan merusak generasi muda lagi….
*Hanya boleh dibaca, tetapi tidak boleh ditiru.


4 comments:

  1. Aduh masih saja ya zaman mencontek

    Untuk tahun ini AaGen Blog mengikuti 2 kompetisi blog bergengsi skala nasional yaitu :

    1. Internet Sehat Blog Award 2009 (ISBA 2009) untuk kategori Techno Blog :
    Award ini sangat bergengsi dikarenakan juri - juri yang menilai bisa dibilang expert seperti Onno W. Purbo dan yang lainnya. Untuk ISBA 2009, AaGen Blog diberi kesempatan menjadi pemenang mingguan untuk kategori techno blog dan pengumuman pemenang ini dipublikasikan oleh detik.com, silahkan anda lihat disini :

    http://www.detikinet.com/read/2009/05/26/150141/1137375/404/pemenang-blog-award-minggu-ke-4-mei-2009

    2. BUBU AWARDS V.06
    BUBU AWARDS V.06 didukung oleh Telkom, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Departemen Riset dan Teknologi, Departemen KOmunikasi dan Informasi, Forum KAskus, MRA Print Media dan TV One. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak tersebut, tentunya menambah keyakinan para pendaftar untuk mengikuti ajang kompetisi ini.

    Juri untuk kompetisi ini bisa dibilang expert dalam dunia IT, diantaranya adalah Hermawan Kertajaya (Marketing Guru), Elisa Lumbantoruan (IT Director Garuda Airlines), Betty Alisjahbana (CEO QB), Anin Bakrie (CEO Bakrie Brothers), Greg Stuart (Advertising and Media Specialist, Writer of “What Sticks”), Gerd Leonhard (Media Futurist), Winson Binch (Managing Director of Interactive Crispin, Porter and Bogusky), Lynda Weinmann (founder of Lynda.com), dan masih banyak lagi yang ikut andil dalam penilaian BUBU AWARDS V.06 ini. Saya jamin kompetisi ini bersih dari kecurangan - kecurangan.

    Sistem dalam kompetisi ini dengan cara voting. Untuk itu, Mohon dukungannya dari teman - teman netter / blogger untuk AaGen Blog dengan cara copy paste-kan LINK dibawah ini ke halaman browser baru kamu :

    http://www.bubuawards.com/ba2009/voting/voteme/BA-V06-0D59Z89U5232W51/17

    Untuk membalas rasa terima kasih saya berikan merchandise berupa ebook gratis tutorial blog part 1, silahkan didownload lewat link dibawah ini :

    http://www.4shared.com/file/108869701/9c22e460/ebook_gratis_part1.html


    Kunjungi terus AaGen Blog di www.aagen-blog.blogspot.com




    Salam Hangat,



    Regen Said Muchdar
    (Owner of AaGen Blog)

    ReplyDelete
  2. kalau mau nyontek sih nggak usah berdoa, kalo berdoa takutnya gagal he he he.
    Kalau nggak gagal, itu mah perlu intropeksi. Kok dikasih kesempatan untuk berbuat salah.

    ReplyDelete
  3. makasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya....mari ngeblog dan budayakan menulis artikel yang menarik di internet.

    ReplyDelete
  4. salam sahabat
    wah bagus infonya,kalo bisa nerapkan bisa lebih siip ya mas..oh iya dah saya follow kalo mas udah follow saya kan?untuk links menyusul yach..thnxs n good luck

    ReplyDelete