May 27, 2009

3 PTN di Indonesia Masuk 100 Top Asia

Hal yang menggembirakan bagi bangsa ini, 3 (tiga) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia masuk dalam 100 Top Asia. Menurut data dari Times Higher Education (THES), lembaga pemeringkatan perguruan tinggi (PT) atau universitas dunia, pihak mereka baru saja merilis data terbaru mengenai peringkat 100 besar universitas di Benua Asia. Peringkat yang di dapat dari ketiga perguruan tinggi negeri dan universitas di Indonesia itu adalah Universitas Indonesia (UI) peringkat ke-50, Universitas Gajah Mada (UGM) peringkat ke-63, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat ke-80.

Cukup dibanggakan juga peringkat tersebut mengunggguli beberapa universitas wakil negara-negara besar di Asia, seperti Pusan University, Korsel (58); University of Delhi (60); Tokyo University of Science (67); dan Tokyo University of Agriculture and Tech (93).

Saat ini tercatat ada 29 metodologi pemeringkatan universitas. Namun, sedikitnya ada tiga bereputasi internasional, yaitu THES, Sanghai Jiao Tong University dan Webometrics.

Dengan pemeringkatan ini, setiap universitas akan memiliki panduan objektif untuk memetakan keungggulan dan kelemahan antar perguruan tinggi di seluruh dunia. Ini dimungkinkan karena peningkatan prestasi setiap tahun hanya dapat dilakukan bila secara konsisten memenuhi kriteria-kriteria penilaian.

20 Universitas Top Asia 2009 versi THES

1.University of Hongkong

2.The Chinesse University of Hongkong

3.University of Tokyo (Jepang)

4. Hongkong University of Science and Tech

5.Kyoto University (Jepang)

6.Osaka University (Jepang)

7.Kaist-Korea Advanced Institute of Science

8.Seoul National University (Korea)

9.Tokyo Institute of Technology (Jepang)

10.National University of Singapore

11. Peking University (China)

12. Nagoya University (Jepang)

13. Tohokuk University (Jepang)

14.Nanyang Technological University

15.Kyushu University (Jepang)

16.Tsinghua University (China)

17.Pohang University of Science and Technological (Korut)

18.City University of Hongkong

19.University of Tsukuba (Jepang)

20.Hokkaido University (Jepang)


Indikator-Indikator evaluasi penilaian prestasi universitas di Asia menurut THES, antara lain:

Mengukur kualitas penelitian lewat survey di kalangan akademik dengan bobot nilai 30 persen; rasio staf pengajar dan mahasiswa dengan bobot 20 persen; mengukur seberapa banyaknya penelitian universitas terkait yang dikutip bobot 15 persen; dan survey untuk menguak informasi tentang kesiapan kerja lulusan bobot 10 persen.

Selain kriteria di atas, terdapat lima bidang akademik yang menjadi subjek penilaian, yaitu arts &humanities; engineering & IT; life sciences and biomedicine; natural sciences; social sciences.

Menurut informasi yang saya baca, Universitas Indonesia (UI), berada di peringkat 18 besar Asia untuk kategori social sciences. Untuk posisi ini membuat UI unggul di atas universitas-universitas dalam negeri sekaligus beberapa universitas negara Asia lain, seperti Keio University, Jepang (19); University of Philippines (22); Osaka University (24); Sanghai Jiao tong University (32).

Tercatatnya sebuah universitas dalam pemeringkatan internasional merupakan pencapaian strategis dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Dengan upaya perbaikan sistematis untuk memenuhi parameter pemeringkatan tersebut, secara tidak langsung universitas dan perguruan tinggi di Indonesia terus berbenah dalam mencapai kualitas akademik terbaik.

"Dengan 'rangsangan' hasil pemeringkatan tersebut, besar harapan di masa mendatang negeri ini mampu menjadi episentrum pendidikan dari Timur".

No comments:

Post a Comment