February 23, 2009

Demam Plurk di kalangan Blogger dan Masyarakat Indonesia

Sebenarnya demam plurk di Indonesia itu sudah lama kira-kira sekitar tahun 2007-an. Plurk mulai ramai di perbincangkan dan digunakan oleh kalangan blogger dan masyarakat Indonesia saat salah satu situs / jaring sosial yang serupa yang bernama Twitter, berhasil ditandingi oleh pihak plurk. Tapi sayangnya saya baru bergabung dan kecanduan pada tahun 2009. kecanduan saya terhadap plurk, sampai-sampai dalam mengurus blog dan website yang saya kelola, saya ke sampingkan begitu saja.

Sebenarnya kalau dibandingkan secara kualitas dan segi fungsional keduanya sama-sama digunakan sebagai sarana untuk berkeluh kesah, curahan hati (curhat), dan berbagi keseharian kita dengan rekan kita di dunia maya. Intinya keduanya sama-sama berpaham social networking dengan micro-post, seperti situs sejenis lainnya (jaiku, pownce, kronologger).

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke penguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat. (berdasarkan wikipedia.com)

Plurk memang dirancang untuk menyajikan aktifitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang dilakukan agar bisa diketahui oleh orang yang lain.

Pengguna juga dapat melihat aktifitas orang lain berdasarkan timeline tersebut. Setiap pengguna dapat memberikan tanggapan atas postingan dari pengguna plurk (Plurker) lainnya. Dalam komunitas Plurk dikenal sebuah status yang disebut KARMA, yaitu suatu penilaian tertentu terhadap aktifitas membernya. Semakin tinggi point karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Sistem inilah yang mendorong para Plurker untuk terus aktif di Plurk.

Dalam Plurk, KARMA seorang pengguna akan naik berdasarkan pada :

  • Jumlah postingan ke Plurk.
  • Jumlah tanggapan di berikan terhadap pengguna Plurk lainnya.
  • Jumlah teman di ajak bergabung dengan Plurk
  • Jumlah pengguna yang mengajak pengguna menjadi teman.

Dalam membuat websitenya, Plurk menggunakan teknologi AJAX. AJAX itu adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Dalam AJAX terdiri atas dua komponen utama, yaitu Javascript dan XML. Perpaduan teknologi ini dapat meningkatkan kinerja aplikasi web yang lebih responsif terhadap aksi pengguna.

Kelebihan dari Plurk.com adalah Plurk juga menyediakan jaringan pertemanan atau social networking, sehingga melalui Plurk, pengguna dapat mencari dan mengajak pengguna lain menjadi temannya ataupun sebaliknya. Kelebihan lainnya adalah plurk bisa digunakan dengan mobile / handphone, jadi pengguna tidak diharuskan online di depan komputer / laptop.

Plurk itu sebenarnya mirip sekali dengan jaring pertemanan atau social networking seperti Twitter, Pownce, Kronologger, dan Jaiku; social networking dengan micro-post.

Contoh situs Plurk.com :



1 comment: