September 5, 2009

Blog adalah Mesin Uang di Internet

Kok bisa sih dapat uang dari blog ?

Inilah salah satu keajaiban blog. Siapa saja bisa membuatnya dengan mudah. Ada yang gratisan (Blogger, Wordpress, Catatanku, dll) ada juga yang berbayar. Dan semua blog pasti menyediakan CMS (Content Management System) atawa kolom-kolom untuk tempat mengetik tulisan kita beserta fasilitas penunjang lainnya. Dimudahkan banget kok. Cuma butuh niat doank. Intinya untuk menjadi blogger tidak harus bertapa tujuh hari tujuh malam plus mandi kembang tujuh rupa di danau tujuh warna sampai mendapatkan gelar “Web Master”. Hehehe…

Dan hal menarik di balik blog yang sedang booming sekarang adalah menghasilkan duit dari kegiatan ngeblog kita. Bahasa sono nya Blogging for Dollars. Wah apa ga asyik tuh… Dapet hobi baru (ngeblog), kenal banyak orang baru, plus ngasilin duit lagi. Kok bisa sih ?


Beragam Cara Mendapatkan Duit dari Blog

Banyak banget jalur untuk mendapatkan uang dari aktifitas yang satu ini. Sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dan fokus blog kita. Nih ku jelasin satu-satu :

Advertising Program - Mungkin jalur inilah yang paling banyak dipakai oleh para blogger di seluruh dunia. Karena, sistem dari program advertising ini sangat mudah diimplementasikan di blog kita. Cukup register ke situs penyedia layanan ini (diantaranya Google Adsense, BlogAds, Text Link Ads, dll), trus nanti kita akan dapat sepotong kode yang dapat kita sisipkan di blog kita. Nah sistem penyedia advertising program ini akan menampilkan iklan di blog yang disesuaikan dengan isi blog kita. Nanti kita akan mendapat duit dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung / pembaca di iklan yang tampil dalam blog kita. Namun karena belum ada penyedia layanan seperti ini di Indonesia, jadi mata uang yang dipake adalah US$. Nanti ketika jumlah uang yang kita kumpulkan sudah mencapai jumlah tertentu yang ditetapkan oleh masing-masing penyedia layanan, maka kita akan menerima selembar cek yang dikirim via pos ke alamat rumah kita. Nah, tinggal di tukar ke bank deh… Asyik kan ?

Sponsorship - Nah, kalau yang ini tau kan ? Artinya ketika blog kita dinilai bagus dan sesuai oleh sebuah instansi atau perusahaan (tentu saja sesuai dengan target konsumen yang mereka inginkan), maka mereka akan memasang banner di blog kita. Seperti yang yang dilakukan oleh Techcrunch. Soal tarif bisa ditentukan oleh si pemilik blog sendiri.

Menjual Tulisan - Sudah banyak blogger Indonesia yang pada akhirnya membukukan blog nya. Seperti yang dilakukan oleh Radith dengan novelnya yang berjudul Brontosaurus, Kambing Jantan, dll. Saya pribadi pun pernah mengirimkan salah satu artikel yang saya tulis di blog saya (wilihandarwo.com) ke koran lokal di daerah saya, Radar Tarakan. Dan alhamdulillah dimuat. Jadi blog bisa menjadi semacam arsip bagi tulisan-tulisan kita.

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa membuat blog kita sebagai mesin penghasil uang. Diantaranya adalah RSS Advertising, Affiliate Programs, Menjual e-Book, Penjualan Merchandising, Donasi, Jadi Penulis di Blog Lain, Konsultan dan Pembicara, dll.

Mungkin ada beberapa kalangan idealis yang menulis blog untuk kesenangan batin saja. Sah-sah saja menurut saya. Namun bagi saya pribadi, karena masih berstatus pelajar dan belum memiliki penghasilan yang pasti, ngeblog untuk mencari duit harus saya lakukan. Soalnya untuk internet kan harus bayar (maklum langganan setia warnet sih), uang listrik, beli buku-buku, sampai secangkir kopi untuk menemani mengetik artikel di malam hari. Semuanya kan butuh duit toh…

Jadi bagi yang menganggap ngeblog cuma buang-buang waktu, ANDA SALAH BESAR. Saya sudah membuktikannya. Atau Anda punya cara sendiri gimana menghasilkan duit dari aktifitas ngeblog ? Bagi-bagi donk di kolom komentar. Mudahan orang yang membaca komentar Anda nantinya bisa ikutan ngeblog juga… Key ?

(di adaptasi dari berbagai sumber dan website ayongeblog.com)

Ayo NgeBlog!

5 comments:

  1. walaupun saya masih baru di duniai blog, namun Saya juga merasakan banyak hal positif dari blog, selain memang menambah sahabat, tapi saya juga banyak mendapat ilmu dalam dunia perbloggeran.
    SALAM NGEBLOG !!

    ReplyDelete
  2. Memang mantap kok,, ngeblog banyak deh fungsinya yang jelas banyak belajar ni dari blog temen-temen krn ini benar - benar ilmu baru buat saya..ok..ok..have a nice post.

    ReplyDelete
  3. Berdasarkan pengalaman Sobat blogger lain; saya percaya blog bisa memberikan penghasilan tambahan. Saya sendiri belum sampai ke situ, mudah2an bisa kesampaian...Terima kasih Subhan, sukses ya!

    ReplyDelete
  4. ya kamu betul ngeblog bukan nya buang masa..malahan cari masa untuk wang...Saya setuju cara kamu walaupun saya ini baru terjun kedunia blog. Sebenarnya saya pun teringin sangat belajar cari wang melalui blog..mudah ..hanya ketik dah dapat wang...kan lama-lama boleh jadi gunung.. tapi saya belum pro kebidang itu..jadinya bantuin saya atau boleh tunjukkan caranya dengan creativity kamu..salam perkenalan..

    ReplyDelete
  5. Infonya nmbah SEMANGATSSS
    iaaa bang kalo lht sobat blogger lain bs dpt uang yaaa...
    mudah2an selain kepuasan batin, dpt tmbhan jg buat beli susu anak
    smentara ni aye br bs posting, dikit222 lagi

    ReplyDelete