January 15, 2009

Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online :
1. Tentukan Ide
Ide awal merupakan modal awal bisnis kita di masa depan.
Untuk mencari ide yang baik dalam memulai bisnis online, saya menyarankan anda agar membuat dan menentukan daftar rincian bisnis apa saja yang berpotensi prospek baik.
Kalau saya menyarankan anda untuk membuat bisnis online yang memang bisnis itu merupakan minat / hobi / kegemaran Anda dalam keseharian.
Contoh :
Kegemaran Anda di bidang Otomotif, maka saya sarankan Anda membuka Bisnis Online yang mengandung Otomotif, seperti accesoris otomotif, jual beli otomotif, dan alat pendukung otomotif.

2. Lakukan Riset
Mencari tahu target market anda
Tentukan target market bisnis dalam memulai bisnis online Anda, Anda dapat memprioritaskan target market konsumen anda , seperti orang tua, ibu-ibu, anak-anak, anak muda, karyawan dan ataupun eksekutif muda.

Mencari tahu saingan anda (competitor)
Anda dapat mengetahui berapa banyak pesaing bisnis Anda di Dunia Maya (Online), dengan Anda mencari tahu menggunakan :

a. Search Engine Otomatisation (SEO)
Gunakan Yahoo.com, google.com, atau SEO apa saja yang mendukung sebagai pencarian informasi dengan cara langganan atau gratis.

b. Membaca Majalah dan Postingan Bisnis dan Marketing
Anda dapat mencari tahu dengan membaca artikel di forum, milist, situs dan majalah yang berhubungan dengan bisnis dan marketing tentang bisnis yang akan dijalankan Anda.

c. Berapa banyak yang mencarinya
Anda dapat mengetahui berapa banyak orang mencari bisnis yang akan anda jalankan dengan Anda mencatat dan kunjungi link di bawah ini :
www.kunjungisitusini.com/overture
ini merupakan salah satu search engine yang menggunakan yahoo.com.

d. Mencari tahu kelebihan dan kekurangan perusahan anda dan perusahan pesaing
Dengan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan anda dan perusahaan pesaing Anda. Ada kemungkinan Anda dapat mengetahui seluk beluk bisnis Anda agar dapat berkembang dan maju.

3. Kumpulkan konten (artikel, foto, video, audio)
Untuk menarik Konsumen dan Pengunjung dalam mengunjungi Bisnis Online Anda, saya menyarankan agar mengkemaskan Bisnis Online Anda dengan artikel, foto, video, dan audio. Hal ini berguna agar konsumen atau pengunjung yang mengunjungi bisnis Anda mereka merasa nyaman dan yakin akan Bisnis Online Anda.

4. Cari produk affiliasi yang sesuai dengan ide bisnis anda
Untuk menarik konsumen dan pengunjung yang mengunjungi Bisnis Online Anda, Saya Menyarankan agar Anda membuat produk Affiliasi dari bidang bisnis yang serupa dengan bisnis Anda. Hal ini untuk memudahkan pengunjung dan konsumen dalam berbisnis di bisnis online yang Anda buat.
Contoh :
Anda berbisnis bidang otomotif yang berhubungan dengan accesoris motor, saya ambil contoh Anda menjual box motor yang bermerek italy, karena untuk memasang box di motor memerlukan bracket atau penyangga, berarti Anda juga harus menyisipkan produk bracket atau penyangga. Anda boleh menjual produk affiliasi sendiri ataupun Anda bekerjasama dengan partner bisnis Anda.

5. Buat situs dan beli nama domain
Sebagai wadah untuk memfasilitasi Bisnis Online Anda, Anda dapat beli nama domain dan membuat situs untuk mengembangkan Bisnis Online.
Anda dapat membeli situs dan domain secara langganan ataupun gratis.
Dalam mengembangkan dan membuat situs dan domain Anda berbisnis dengan berbentuk blog ataupun website.
Saya menyarankan kalau mau domain gratisan (free domain) anda bisa gunakan co.cc atau co.nr

6. Beli hosting dan online-kan situs anda
Agar Bisnis Online Anda dapat berkembang dan dikenal oleh dari berbagai kalangan konsumen dan berbagai belahan dunia, maka Anda diharuskan untuk meng-online-kan dan meng-hosting-kan Bisnis Online Anda di Dunia Maya.

7. Promosikan Situs Anda
Jika Anda ingin mengembangkan Bisnis Online Anda, saya menyarankan Anda agar mempromosikan Bisnis Anda dengan cara menyebarkan nama domain Bisnis Online Anda di segala bidang dan bentuk.
Anda dapat mempromosikan dengan cara :
1. Sering Beriklan di situs iklan / advertising
2. Buat merchandise yang berisikan nama Bisnis Online Anda (baju, gelas, sticker)
3. Taruh nama Bisnis Anda sebagai signature di email Anda
4. Langganan SEO (Search Engine Optimalisation) atau sering buka Search Engine agar Bisnis Anda mudah dikunjungi pengunjung dan konsumen.

Kalau Anda ingin mencoba dan mengembangkan Bisnis Online Anda, Saya menyarankan Anda Untuk :
1. Mulai Praktek dari sekarang
Mulai Praktek dari sekarang, lakukan langkah memulai Bisnis Online di atas dengan tahap per tahap (step by step).
2. Tidak meremehkan hal yang kecil
Banyak orang yang meremehkan langkah-langkah di atas, sehingga ia tidak dapat mengembangkan Bisnis Online-nya.
3. Selalu “Praktek-Praktek, Fokus-Fokus”
Saya menyarankan kepada Anda untuk Praktek-Praktek, Fokus-Fokus. Hal ini dapat membuat Anda dapat maju dan mengembangkan bisnis yang di cita-citakan oleh Anda.

1 comment:

  1. mari berbisnis online....

    tuk mencari artikel bisnis online...
    buka aja di http://ubanzholic.wordpress.com

    ReplyDelete