September 9, 2009

Tips Mengurus Rumah Selama Pembantu Mudik

Seperti halnya karyawan perkantoran, para pembantu rumah tangga pun berhak mengambil cuti lebaran. Terbayang sudah kerepotan yang bakal dihadapi. Agar segalanya menjadi lebih mudah, simak tips berikut ini :

1. Tetapkan niat
Jika biasanya anda tinggal menyuruh pembantu anda, sejak sekarang anda harus menetapkan hati untuk melakukan pekerjaan rumah sendiri. Menetapkan niat penting karena jika tidak ditengah jalan anda dapat merasa bosan dan capek. Alhasil, semua terbengkalai.

2. Membagi tugas kepada seluruh anggota keluarga
Jelas, anda tidak dapat mengerjakan semuanya sendirian. Bagikan tugas kepada semua anggota keluarga. Perlu adanya kerja sama yang baik, yang didukung oleh semua anggota keluarga. Ini merupakan kesempatan untuk mengubah kebiasaan buruk, misalnya kebiasaan membiarkan piring bekas makan tergeletak di meja. Juga merupakan kesempatan mendidik anak-anak, sehingga mereka lebih menghargai pekerjaan pembantu rumah tangga. Jika anggota keluarga cukup banyak, usahakan untuk menggilir pekerjaan sehingga mereka tidak melakukan pekerjaan yang itu-itu saja. Jaga agar pembagian tugas diberikan secara merata, agar tidak saling iri. Namun untuk pekerjaan tertentu yang membutuhkan keterampilan - misalnya memasak - pastikan bahwa yang mendapat tugas memang bisa mengerjakannya. Untuk keluarga muda dengan anak-anak balita, sebagian besar tugas memang menjadi tanggung jawab anda dan suami. Namun, berikan tugas-tugas sederhana kepada si kecil untuk menunjukkan bahwa ia juga harus berpartisipasi membantu.

3. Aturlah waktu dan prioritas
Untuk periode waktu tertentu tidak semua pekerjaan harus dilakukan. Jika pembantu anda cuti selama dua minggu, mungkin ada beberapa hal yang ditunda pengerjaannya, menunggu si pembantu pulang. Sebut saja misalnya, membersihkan gudang atau mencuci gorden. Fokuskan pada tugas-tugas harian yang memang mesti dilakukan, seperti memasak dan mencuci pakaian. Tidak semua pakaian harus disetrika. Mengepel lantai juga dapat diatur, jika selama ini dilakukan dua kali sehari ( pagi dan sore ), selama dua minggu ini cukuplah sehari sekali pada sore hari.

4. Pilihlah menu praktis
Memasak bisa jadi pekerjaan yang paling menyita waktu. Anda dapat menyiasatinya dengan memasak menu-menu yang praktis dan mudah disajikan. Jika sangat ingin menyantap makanan seperti rendang atau opor ayam, tapi malas untuk mempersiapkan bumbunya, anda dapat membeli bumbu yang sudah jadi dipasar. Singkatnya, jika bisa dibikin gampang, mengapa harus dipersulit. Pertimbangkan juga untuk menggunakan jasa catering atau membeli makanan siap saji bila keadaan tak memungkinkan anda memasak, misalnya karena harus mengurus bayi dan balita.

5. Manfaatkan teknologi dan layanan penyedia jasa
Terima kasih kepada teknologi karena banyak pekerjaan rumah tangga kini menjadi mudah dikerjakan. Mencuci baju misalnya, kini tak lagi secapek dahulu dengan hadirnya mesin cuci elektrik. Tersedia pula beragam merk popok sekali pakai untuk anda yang memiliki bayi sehingga anda terhindar dari gunungan popok/celana kotor yang perlu dicuci. Anda juga dapat memanfaatkan hadirnya berbagai layanan penyedia jasa urusan rumah tangga, seperti laundry, belanja kebutuhan rumah tangga dan makanan siap saji melalui layanan pesan antar, atau sms dan telephone banking. Bahkan, bila sebelum lebaran anda telah mengantisipasi bahwa anda memerlukan bantuan untuk mengurus rumah atau si kecil, anda dapat menghubungi beberapa yayasan penyedia pembantu atau baby sitter sementara.

6 comments:

  1. wa...untungnya aja ngurus rumah sendiri tuh aku...kwkwkwk

    ReplyDelete
  2. untungnya udah ada yang ngurus!

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat sekali Mas tipsnya ; apalagi kalo lebaran, di rumah saudara2 dari luar kota pada ngumpul... Kerja bakti deh.

    ReplyDelete
  4. hemm...

    klo boleh jujur,, tips ini tidak berlaku buat saya,, karena saya gak punya pembantu.. hehehe

    Jadi bukan cuma lebaran aja, melainkan setiap hari saya udah kayak pembantu beneran,hehe

    salam kenal..

    ReplyDelete
  5. makasih anda semua telah berkomentar dan berkunjung di blog saya ini....semoga tips-tips dan artikel saya yang lain dapat berguna bagi kita semua...
    salam blogger bekasi

    ReplyDelete