October 9, 2009

21 Kualitas Kepemimpinan Yang Efektif

Apakah yang membuat orang ingin menjadi pengikut seorang pemimpin? Mengapakah orang enggan menaati pemimpin yang satu namun dengan penuh semangat mengikuti pemimpin yang lainnya? Apakah yang membedakan para ahli teori kepemimpinan dengan para pemimpin yang sukses. Jawabannya terletak pada kualitas karakter dari individu yang bersangkutan. Dan John C. Maxwell mengungkapkan ada 21 kualitas kepemimpinan efektif yang antara lain.

1. KARAKTER :

JADILAH BAGIAN DARI BATU KARANG

Bagaimana seorang pemimpin menangani keadaan hidupnya bercerita banyak tentang karakternya. Krisis belum tentu meguatkan karakter, namun pasti mengungkapkannya. Kesusahan di persimpangan jalan membuat seorang memilih salah satu jalannya; karakter atau kompromi. Setiap kali ia memilih karakter, ia menjadi lebih kuat, sekalipun pilihannya itu membawa ganjaran negatif. Seperti yang dikatakan oleh penulis pemenang hadiah Nobel, Alexander Solzhenitsyu, “makna hidup bukanlah meraih kemakmuran seperti yang kita pikir, melainkan mengembangkan jiwa”. Pengembangan karakter adalah inti dari perkembangan kita bukan saja sebagai pemimpin, melainkan juga sebagai manusia.


2. KARISMA :

KESAN PERTAMALAH YANG TERPENTING

Kebanyakan orang menganggap karisma itu sesuatu yang mistik, hampir tak dapat didefinisikan. Mereka pikir karisma adalah kualitas bawaan sejak lahir. Namun itu tidak benar, karisma adalah kemampuan untuk menarik orang kepada anda. Dan seperti ciri-ciri karakter lainnya, karisma dapat dikembangkan. Untuk menjadikan diri anda seseorang yang menarik orang lain, anda perlu memperlihatkan ketiga hal berikut ini :

1. Cintailah kehidupan

2. Berikanlah nilai 10 kepada setiap orang

3. Berikanlah Pengharapan


3. KOMITMEN

INILAH YANG MEMBEDAKAN PELAKU DARI PEMIMPIN

Apakah komitmen itu ? bagi masing-masing orang, artinya bisa berbeda-beda. Bagi Petinju, artinya bangkit lagi dari kanfas setelah berulang kali dipukul roboh. Bagi Pelari Marathon, artinya sepuluh mil lagi padahal kekuatannya sudah terkuras. Bagi Serdadu, artinya melintasi bukit tanpa mengetahui ada apa dibalik sana. Bagi Pemimpin, artinya berbuat lebih karena semua orang tergantung kepadanya.

Jika anda ingin menjadi pemimpin yang efektif, anda harus memiliki komitmen. Komitmen sejati menginspirasikan serta menarik orang lain. Komitmen menunjukkan kepada orang lain bahwa anda punya keyakinan. Mereka akan percaya kepada anda hanya jika anda percaya kepada tujuan anda sendiri. Seperti yang dikatakan Hukum Kepercayaan, orang percaya kepada sang pemimpin dulu, baru visinya.


4. KOMUNIKASI

TANPANYA ANDA AKAN MENEMPUH PERJALANAN SENDIRIAN

Sukses pernikahan anda, pekerjaan anda, dan hubungan-hubungan pribadi anda, sangat tergantung pada kemampuan anda berkomunikasi. Orang takkan mengikuti anda jika mereka tidak tahu apa yang anda inginkan atau kemana anda menuju. Anda dapat menjadi komunikator yang lebih efektif jika mengikuti empat kebenaran dasar berikut ini :

1. Sederhakanlah Pesan Anda

2. Pandanglah Lawan Bicara Anda

3. Tunjukkanlah Kebenaran

4. Tariklah Respon



5. KOMPETENSI

JIKA ANDA MEMBANGUN MEREKA AKAN DATANG

Kita semua mengagumi orang yang memperlihatkan kompetensi yang besar, entah mereka adalah tukang yang trampil, atlit kelas dunia, ataupun pemimpin bisnis yang sukses. Jika anda ingin mengembangkan kualitas ini, inilah yang perlu anda lakukan :

1. Muncullah Setiap Hari

2. Teruslah Memperbaiki Diri

3. Tindak Lanjutilah Dengan Sempurna

4. Capailah Lebih dari Yang Diharapkan

5. Inspirasikanlah Orang Lain



6. KEBERANIAN

SATU ORANG DENGAN KEBERANIAN SAMA DENGAN MAYORITAS

Keberanian tidak hanya ada dalam diri Pahlawan Perang, tapi juga tampak pada pemimpin besar dalam bisnis, pemerintahan. Suatu kemajuan pesat dalam sebuah organisasi tercipta karena pemimpinnya telah mengambil keputusan yang berani, keberanian dapat memberinya posisi kepemimpinan. Larry Osborne menyimpulkan “ Yang paling menakjubkan dalam diri para pemimpin yang sangat efektif adalah betapa sedikitnya kesamaan mereka, tapi ada satu ciri yang menonjol yaitu keberanian mengambil resiko.



7. PENGERTIAN

TUNTASKANLAH MISTERI YANG BELUM TERSELESAIKAN

Pengertian adalah kemampuan untuk menemukan akar persoalan yang tergantung pada intuisi serta penalaran sehingga pengertian ini sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin yang efektif walaupun bahkan para pemimpin baikpun tidak selalu memperlihatkannya. Pengertian adalah kualitas yang tak tergantikan bagi pemimpin manapun yang ingin memaksimalkan keefektifannya.



8. FOKUS

SEMAKIN TAJAM FOKUS ANDA, ANDA SEMAKIN TAJAM

Kuncinya adalah prioritas dan konsentrasi, jika seorang pemimpin cukup konsentrasi namun tidak memiliki prioritas ia hanya mencapai kesempurnaan tanpa kemajuan. Namun jika ia kerahkan keduanya, maka ia berpotensi mencapai hal-hal besar.



9. KEMURAHAN HATI

Tak ada yang lebih jelas berbicara kepada seseorang atau melayaninya dengan lebih baik ketimbang kemurahan hati seorang pemimpin. Kemurahan hati sejati bukanlah kejadian sesekali, karena kemurahan hati berasal dari dalam hati dan merembes keseluruh aspek kehidupan seorang pemimpin, menyangkut waktunya, uangnya, talentanya, dan harta bendanya.



10. INISIATIF

Pemimpin bertanggung jawab untuk menginisiatifkan hubungan dengan para pengikutnya, namun bukan hanya dalam bidang itu saja para pemimpin harus memperlihatkan inisiatif. Mereka harus selalu mencari dan siap mengambil tindakan.



11. MENDENGARKAN

Seorang pemimpin itu menyentuh hati terlebih dahulu sebelum minta tolong, itulah hukum hubungan yang baik. Namun sebelum seorang pemimpin dapat menyentuh hati seesorang ia harus mengetahui ada apa di dalam hati orang tersebut, ia mempelajarinya dengan mendengarkan. Sebagian besar masalah komunikasi adalah akibat dari ketidak mampuan untuk mendengarkan.



12. SEMANGAT YANG TINGGI

Apakah yang memungkinkan orang-orang yang tampaknya biasa saja itu mencapai hal-hal besar ? jawabannya adalah semangat, tak ada seorangpun yang dapat menggantikan tempat semangat dalam kehidupan seorang pemimpin.



13. SIKAP POSITIF

JIKA ANDA PERCAYA BISA, ANDA PASTI BISA

Jika anda ingin menjadi pemimpin yang efektif, sikap yang positif itu penting. Sikap positif tidak hanya menentukan tingkat kecukupan diri anda sebagai seorang individu, melainkan juga berdampak pada bagaimana orang lain berinteraksi dengan anda.



14. PEMECAHAN MASALAH

Para pemimpin yang efektif, selalu bangkit menghadapi tantangan. Itulah salah satu hal yang membedakan pemenang dengan perengek. Apapun bidang yang ditekuni seorang pemimpin, ia pasti akan menghadapi banyak persoalan. Berbagai persoalan itu tak dapat dihindarkan.



15. HUBUNGAN

Kemampuan bekerjasama dengan orang lain serta membangun hubungan jelas-jelas tak tergantikan bagi kepemimpinan yang efektif. Orang benar-benar ingin mengikuti orang dengan siapa mereka akur. Dan sementara memang mungkin saja seseorang yang memiliki ketrampilan yang baik dalam menjalin hubungan dengan sesama namun bukan seorang pemimpin yang baik, ia takkan dapat menjadi pemimpin yang baik tanpa ketrampilan menjalin hubungan baik dengan sesama.



16. TANGGUNG JAWAB

Pemimpin yang baik tidak pernah merangkul mentalitas korban, mereka sadar untuk tetap bertanggung jawab. Mereka hadapi kenyataan hidup apapun dan mengerahkan kemampuan yang terbaik, mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan kesempatan untuk memimpin tim jika mereka telah membuktikan bahwa mereka dapat membawa bolanya.



17. KEMAPANAN

Para pemimpin yang tidak mapan itu berbahaya bagi diri sendiri, para pengikutnya, maupun organisasi yang dipimpinnya, karena posisi kepemimpinan akan menguatkan kelemahan pribadi. Beban negatif apapun yang anda pikul dalam hidup ini hanya akan semakin sulit dipikul jika anda mencoba memimpin orang lain.



18. DISIPLIN DIRI

Tak seorang pun dapat mencapai dan mempertahankan sukses tanpa disiplin diri. Dan seberapa berbakat pun seorang pemimpin, karunianya takkan pernah mencapai potensial maksimalnya tanpa disiplin diri. Disiplin diri memposisikan seorang pemimpin untuk mencapai tingkat tertinggi dan merupakan kunci bagi kepemimpinan yang langgeng.




19. KEPELAYANAN

Kepelayanan bukanlah soal posisi atau ketrampilan, melainkan soal sikap. Sama seperti halnya anda dapat merasakan jika seorang pekerja tidak mau membantu, anda juga mudah mendeteksi apakah seorang pemimpin itu memiliki hati yang melayani. Dan sebenarnya, para pemimpin terbaik ingin melayani orang lain, bukan diri sendiri.




20. SIKAP MAU DIAJAR

Pertumbuhan anda menentukan siapa anda sesungguhnya, siapa yang tertarik pada anda menentukan sukses organisasi anda. Jika anda ingin menumbuhkan organisasi anda, anda harus tetap mau diajar.




21. VISI

Visi adalah segalanya bagi seorang pemimpin. Visi itu benar-benar tak tergantikan. Karena visilah yang memimpin para pemimpin. Visi melukiskan sasarannya. Visi memicu serta membakar semangat, dan mendorongnya maju. Visi juga merupakan pemicu orang yang menjadi pengikut sang pemimpin. Seorang pemimpin yang tidak memiliki visi takkan kemana-mana. Paling banter ia akan berlari di tempat.

1 comment:

  1. woow,,,inilah salah satu style yang bisa di contoh oleh seorang organizer..why not???
    darisinilah karakteristik seorang pemimpin yang memang menjadi seorang pemimipin..///
    thank you a lot, and may god bless us,,ok

    ReplyDelete