September 6, 2009

Makin Top dengan Laptop



Perkembangan teknologi yang pesat dari hari ke hari ternyata berdampak luas pada gaya hidup manusia. Kecanggihan dan efisiensi yang ditawarkan teknologi membuat manusia kian mudah menjalani hidupnya. Dengan produksi masal, berbagai kecanggihan tersebut dapat diperjualbelikan dengan harga terjangkau. Hal serupa berlaku pada laptop. Siapa sangka komputer lipat yang canggih dan praktis itu kini sudah mewabah bak kacang goreng di pasar malam. Berbagai jawaban dikemukakan pada beberapa mahasiswa UI tentang peran laptop bagi mahasiswa. Ternyata, laptop kini sudah mulai menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar mahasiswa UI.

Di jaman sekarang, dimana media informasi menjadi kebutuhan utama masyarakat, laptop sangat menfasilitasi penggunaan internet dalam memperoleh informasi.
Harga laptop yang terjangkau dan mobilitas yang tinggi menjadikan laptop sebagai bagian penting dari gaya hidup mahasiswa. Mahasiswa yang selalu berhubungan dengan jadwal kuliah yang padat, tugas yang banyak, dan kebutuhan akan informasi serta pengetahuan terkini ternyata sangat mengidamkan perangkat canggih yang praktis ini. Laptop memang mampu menyimpan data dan informasi dengan jauh lebih baik dan mudah dibandingkan dengan buku catatan biasa.

Namun, laptop yang tersedia di pasaran terdiri dari berbagai merek dengan bermacam keunggulan yang sering membuat kita bingung menentukan pilihan. Padahal banyaknya pilihan tersebut memungkinkan kita memiliki laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Tips dalam memilih Laptop untuk mahasiswa yang baik:
1. Sesuaikan anggaran yang dimiliki dengan spesifikasi laptop yang diperlukan.
2. Pastikan laptop dalam kondisi baik dan layak jual.
3. Jangan tergiur dengan barang murah.
4. Pilihlah processor laptop sesuai dengan sfpesifikasinya.
5. Cek fasilitas yang disediakan oleh laptop kamu.
6. Pastikan kamu menggunakan operational software (OS) yang asli.
7. Pastikan laptop kamu memiliki garansi asli dari produsen / pabrik laptop tersebut.
8. Tawarlah harga laptop hingga 10%.
9. Tanyakan bonus yang akan kamu dapatkan.

Setelah berhasil mendapatkan laptop yang kamu idamkan, saatnya melakukan berbagai perawatan untuk menjaga kondisi laptop kamu agar selalu dalam keadaan prima.

Tips untuk merawat Laptop yang baik:
1. Bersihkan laptop sesering mungkin.
2. Jangan terlalu sering menyetuh monitor dan lensa optik yang terdapat dalam DVD / CD-rom.
3. Install-lah software antivirus untuk menjaga data dan software lainnya.
4. Biasakan untuk men-defrag dan meng-cleanup laptop kamu.
5. Jangan menggunakan laptop lebih dari 12 jam, karena akan menimbulkan panas (overheat) dan merusak hardware di dalam laptop kamu.
6. Hindari mengisi ulang baterai ketika kondisi laptop sedang beroperasi.

Selain hal di atas, penting juga diperhatikan cara mendaur-ulang laptop kamu setelah tidak terpakai lagi. Laptop yang sudah tidak terpakai adalah benda yang tidak ramah lingkungan dan sangat berbahaya dan beracun bagi manusia. Berbagai zat beracun yang ada dalam komponen laptop akan berbahaya jika tidak terawasi dengan baik.

Proses daur ulang laptop akan sama rumitnya deng proses pembuatan laptop. Untuk itulah banyak pabrik yang berusaha untuk mendaur ulang atau menjadikannya sebagai sampah yang aman bagi manusia dan lingkungan.

Tips untuk menjadikan laptop kamu ramah lingkungan:
1. Jangan membuang baterai kamu ke sembarang tempat terutama tanah dan sumber air.
2. Pastikan modem wireless kamu tidak memiliki radiasi yang berbahaya.
3. Jangan terlalu sering memangku laptop kamu.
4. Menjual laptop yang sudah tidak terpakai adalah pilihan terbaik.

Jika hal tersebut dapat diatasi dengan baik, laptop dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin bergaya sekaligus mewujudkan rasa cinta lingkungannya. Karena selain laptop dapat mengurangi penggunaan kertas , laptop juga dapat mengurangi penggunaan listrik jika dibandingkan dengan desktop.

3 comments:

  1. oke banget nih tip2nya serba laptopnya; kebetulan saya pake laptop, jadi sangat bermanfaat buat saya nih. Saya gaptek, ngga tau apa itu defrag dan clean-up laptop...

    ReplyDelete
  2. Good blog, good luck!Kunjungi: www.bestretailsupply.com

    ReplyDelete
  3. thanks ud berkunjung dan berkomentar di blog saya...

    ReplyDelete